Ternyata terdapat 6 jenis buah naga yang dijual di Indonesia. Manfaatnya pun banyak sekali. Membaca artikel ini hingga selesai akan membuat Anda semakin menyukai buah dari famili pohon kaktus ini.

  1. Buah Naga Merah

Secara fisik hampir menyerupai varietas putih. Namun, warna kulit varietas ini jauh lebih merah pekat. Dagingnya memiliki warna merah marun. Tekstur daging buahnya lebih berair dibandingkan jenis putih. Buah jenis ini memiliki nama ilmiah Hylocereus polyrhizus.

Kadar gulanya sebesar 13-15% brick sehingga rasanya jauh lebih manis dibandingkan varietas putih. Briks merupakan satuan untuk mengukur gula yang ada di larutan. Harganya dapat mencapai dua kali lipat. Saking manisnya, buah varietas merah dijadikan sebagai olahan jus buah maupun smoothie.

  1. Varietas Super Merah

Nama ilmiahnya yakni Hylocereus costaricensis. Mirip dengan varietas merah, tapi nama ilmiahnya berbeda. Hal ini lantaran warnanya jauh lebih merah.

Batangnya memiliki warna loreng saat tua, level kemanisannya 12-18 briks. Jenis ini tengah banyak digemari petani sebab dianggap paling laku. Rasanya manis serta tidak langu.

  1. Jenis Putih

Varietas putih atau dikenal dengan Hylocereus undatus telah lazim lagi di masyarakat. Ini sebab jenis ini gampang dibudidayakan. Baik dalam pot atau di kebun. Sayangnya, berat buah ini ketika masak berkisar antara 450-600 gam. Lebih kecil daripada varietas merah. Rasanya juga tak terlalu manis bila dibandingkan dengan jenis buah naga lainnya. Kandungan gulanya sebesar 10-13% biks.

  1. Varietas Kuning

Perbedaan yang terdapat pada jenis yang satu ini amat mencolok. Mulai dari warna kulitnya yang cenderung kuning cerah serta dagingnya yang memiliki warna putih. Jika orang tidak melihat bagian kulitnya, tentu akan menyangka ini varietas putih.

Varietas kuning atau dikenal memiliki nama Selenicereus megalanthus ukurannya lebih kecil daripada jenis lainnya. Varietas ini masih belum banyak dibudidayakan sehingga termasuk buah langka. Kalaupun ada, di swalayan, dijual dengan harga cukup mahal.

Rasanya jauh lebih manis daripada jenis yang lain. Kandungan gulanya mencapai 15-18% briks. Buah yang dijuluki dengan yellow pitaya ini kaya kandungan sukrosa serta fruktosa yang amat tinggi. Ketika Anda mengkonsumsi buah ini, maka akan terasa sensasi segar.

Ukuran varietas kuning bisa dikatakan lebih kecil daripada jenis lain, yakni hanya segenggaman tangan, kurang lebih 80-100 gram. Harga yang mahal serta ukuran yang kecil menjadikan buah ini kurang populer di indonesia.  Bibitnya pun agak susah ditemukan di Indonesia.

  1. Buah Naga Hitam

Varietas ini tergolong pendatang baru di dunia pertanian di negara Indonesia. Pertama kali dibudidayakan di Indonesia yang dirintis oleh seorang tokoh bernama Prof. Dr. Ir. AP Kusumaningrat. Kediri adalah kota yang jadi tempat budidaya varietas hitam ketika pertama kali masuk ke Indonesia.

Sesungguhnya, jenis hitam adalah hasil persilangan varietas super red yang dirawat dengan memberikan pupuk Black Natural (pupuk hitam).

Pupuk tersebut mengandung komposisi, kotoran sapi, ampas jamu, cengkeh limbah pabrik rokok, serta abu sekam. Campuran tersebut ternyata menjadikan buah mengandung banyak beta karoten. Inilah yang membuat warna daging buah tampak lebih pekat.

Secara fisik, bentuknya menyerupai buah naga pada umumnya. Kulit buah berwarna hitam. Namun, dagingnya berwarna merah pekat. Ciri khusus tampak pada sisiknya yang berukuran besar. Pohon buah naga hitam pun sama dengan pohon varietas lainnya.

Bedanyanya hanya terdapat pada daging buahnya. Sebenarnya tak berwarna hitam legam. Namun, lebih ke warna merah amat pekat sekali sehingga tampak mendekati hitam.

Buah naga populer baik di dalam maupun luar negeri. Rasanya yang manis sekaligus mengandung 3 kali lipat vitamin C dibandingkan wortel. Buah ini juga kaya beta karoten yang baik bagi kesehatan mata. Hal tersebut membuatnya kian digandrungi apalagi di TaniHub. TaniHub merupakan E-commerce berbasis aplikasi serta web. TaniHub menyediakan hasil tani yang terbaik. Dijamin akan mempermudah petani untuk menjual produk hasil panen langsung pada konsumen.

Mengenal Jenis Buah Naga Beserta Manfaatnya

Navigasi pos